Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sukses Presentasi di Depan Umum

Apa anda pernah menghadiri seminar dan melihat pembicara yang sedang presentasi? Atau melihat bos anda bisa presentasi dengan lancar? Pasti di benak anda melakukan presentasi sebagus itu sangat sulit, Dapat berbicara saat presentasi dengan memukau, dan pada akhirnya mendapat apresiasi yang meriah dari peserta rapat . Kalau anda tipe orang yang mudah gugup dan takut, presentasi di kantor bisa jadi hal yang sangat menakutkan.

Presentasi bukan hal yang harus anda takuti, justru presentasi bisa anda jadikan ajang untuk menunjukan kemampuan dan hasil kerja kerasmu. Kalau anda masih takut dan ragu ikutin 5 cara sukses presentasi dari Yuk disimak:

1. Perhatikan PAL (Purpose, Audience, dan Logistic)
Perhatikan dengan baik purpose, audience, dan logistic. Mengetahui purpose atau tujuan presentasimu untuk apa? sebagai bagian dari test, membujuk orang lain, atau memberi informasi suatu hal. Pelajari audience saat agan presentasi, siapa audience agan saat itu? dan Bagaimana mereka biasa bersikap? Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu hal-hal yang harus agan organisir, mulai dari berapa menit agan harus bicara, sampai keadaan ruangan tempat agan presentasi.

2. Latihan Agar Agan Terbiasa
Gunakan media seperti cermin atau alat perekam video dan lihat diri agan sendiri jika berbicara. Kalau ada yang kurang perbaiki dan berlatih lagi. Karena dengan terus berlatih agan akan terbiasa dan bisa membuatmu berbicara dengan lancar.

3. Kuasai Materi Presentasimu
Menguasai materi presentasimu adalah hal yang paling utama. Karena tujuan dari presentasi itu sendiri adalah menyampaikan informasi melalui materi yang kita bawakan. Pelajari materi presentasimu dengan detail. Jika ada pertanyaan dari atasan atau klien, agan bisa terlihat menguasai dan dapat dipercaya.

4. Hindari Presentasi yang Membosankan
Saat Presentasi jangan sampai orang yang memperhatikanmu bosan dan ngantuk. Kalau mereka mengantuk, berarti ada yang salah dengan gaya presentasimu. Mungkin materi yang agan sampaikan monoton atau bisa juga karena cara bicara mu yang terlalu terpaku pada slide. Cobalah improvisasi saat presentasi dengan nada suara yang semangat agar suasana presentasi jadi lebih hidup.

5. Jaga Sikap
Sikap merupakan salah satu indikator penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya presentasi agan. Sikap adalah hal yang paling utama dalam hal apapun, jaga sikapmu jangan sampai membuat orang lain punya penilaian buruk kepada agan. Hindari posisi seperti menyilangkan tangan di dada atau istirahat di tempat, karena membuat agan terlihat seperti sedang gugup.