Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah dengan ketinggian pohon sekitar 15-25 meter. Di Indonesia, Kurma biasanya laris dijual ketika bulan Ramadhan tiba. Orang Indonesia biasanya membeli kurma untuk disajikan pada saat buka puasa. Tidak hanya itu, ketika musim haji tiba, kurma juga laris dijual di pasaran. Buah yang berwarna coklat dan berasa manis ini ternyata sangat baik loh untuk kesehatan. Nih Baca!

1. Serat Terbaik Untuk Usus

Kurma memiliki serat larut yang lebih banyak dibandingkan dengan buah yang lain. Serat berfungsi membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus agar tidak menimbulkan penyakit.

2. Sumber Energi
Jika agan mengkonsumsi kurma sebanyak 100 gram sehari agan sudah memenuhi kebutuhan energi agan sebanyak 15-20%. Kurma merupakan sumber energi instan, sehingga dianjurkan untuk orang yang sedang berpuasa untuk berbuka puasa. Karena ketika berpuasa tubuh kekurangan asupan sehingga energi yang dihasilkan berkurang.

3. Sumber Antioksidan


Kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Kamu bisa menghindari penyakit kanker dengan mengkonsumsi kurma secukupnya setiap hari.

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Kerja Otak 
Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, kurma juga baik untuk otak. Kandungan kalium yang tinggi pada kurma dapat melancarkan distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan tubuh. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin kita akan memiliki daya ingat dan kerja otak yang baik.

5. Mencegah Insomnia
Saat ini banyak orang yang memiliki kesulitan tidur, biasanya orang-orang yang memiliki aktivitas yang padat mengalami gangguan ini. Keseimbangan tubuh mulai terganggu karena sistem metabolisme yang tidak teratur. Jika agan penderita insomnia, coba konsumsi kurma secara rutin karena kandungan vitamin B3 dalam kurma dapat membantu mengurangi gejala insomnia.