Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu kerja yang dimulai kurang dari jam 10 sebenarnya menyiksa kata Science

Di Indonesia, jam kerja orang kantoran mulai dari jam 8 sampe jam 4, 9 sampe jam 5, dan 10 sampe jam 6.

Semakin pagi jam kantor dimulai, semakin banyak pemandangan para pegawainya yang nguap dan nguap dan kopi. Tahu kah kamu kalo bekerja sebelum jam 10 pagi adalah jam kerja yang menyiksa para pegawainya?

Seperti yang disampaikan oleh Dr Paul Kelley, peneliti dari Universitas Oxford, semua orang tidak bisa mengubah siklus ritme 24 jam tubuh kita bekerja. Karena umumnya, jantung dan ginjal kita sudah mempunyai pola masing-masing dan susah untuk dirubah.

Tubuh kita mempunyai Cyrcadian Rythm. Ini adalah jam kerja tubuh setiap harinya. Semua organ tubuh mempunyai jam kerja masing-masing dan Cyrcadian Rythm ini mengatur aktivitas otak, level energi, produksi hormon dan juga persepsi waktu. Nah, mulai bekerja sebelum jam 10 pagi, membuat ritme ini terganggu sehingga secara tak langsung menyiksa organ kita untuk bekerja tidak pada waktunya. Sehingga, kesehatan kita lambat laun akan terganggu.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Paul ketika mengubah jam mulai sekolah dari tadinya jam 8:30 menjadi jam 10:00 pagi. Hasilnya adalah banyak siswa yang mencapai produktifitas tinggi, tingkat partisipasi tinggi dan tak kalah penting adalah nilai akhir yang meningkat.

Dr Paul menilai jika hal sama bisa diaplikasikan di sektor pekerjaan kantor, maka secara tidak langsung akan meningkatkan produktifitas pekerja, mengurangi konsumsi kafein dalam kopi yang bisa membahayakan kesehatan, dan tentunya pegawai dapat lebih berbahagia.

Perusahaan yang membuat regulasi jam masuk kerja kurang dari jam 10 berkontribusi kepada permasalahan stres secara emosional dan fisikal terhadap para pekerjanya. Tambah lagi, hal ini bisa meningkatkan resiko terserang penyakit yang disebabkan oleh konsumsi kafein yang berlebihan dan pola kerja yang tidak teratur.