Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga hal yang bisa membuat kamu fokus dari semua pekerjaan


Tugas, kerjaan, deadline, presentasi, dan segala macam hal yang mengikuti, membuat kita stress dan tak tahu harus memulai dari mana. Namun banyak juga orang yang mempunyai multi-kerjaan, multiprofesi, yang semua itu sukses dan tak ada halangan. Kabir Sehgal, seseorang dengan multiprofesi, sebagai penulis best-selling books, sebagai corporate strategy di fortune 500 dan produser musik jazz yang digemarinya.

Semua pekerjaan itu dia lakukan dengan baik dan sempurna. Alhasil, dari keuntungan materi dan non-materi dia dapatkan. Lantas bagaimana dia bisa mengorganisir semua pekerjaan itu dengan baik? Apakah dia mengorbankan waktu tidurnya, waktu berkumpul keluarganya atau waktu-waktu lain yang seharusnya dia tidak berkutat dengan pekerjaannya?

Dia menuturkan pada laman HBR bahwa ada 3 cara untuk mengerjakan semua multi-pekerjaan dengan baik dan berhasil sempurna.

1. Kurangi memantau berita dan media sosial
Mayoritas dari apa yang mengganggu kita dari mencapai produktivitas yang tinggi adalah koneksi kita di dunia maya. Setidaknya kita menghabiskan waktu satu sampai dua jam untuk memantau berita terbaru, status facebook, twitter, IG stories kerabat atau artis, dan tak sadar waktu kita telah dihabiskan oleh media-media itu.

Bila perlu, matikan atau unistall terlebih dahulu semua kendala itu sampai pekerjaan kita sudah selesai sepenuhnya. Fokus akan ada ketika kita tidak diganggu oleh media-media itu. Jika kamu ada deadline, maka kerjakan, sedikit waktu yang tersisa jika sudah terfokus maka akan selesai. Berbeda dengan banyak waktu namun media sosial masih popping out, mustahil pekerjaan bisa selesai.

2. Buat gadget kamu jadul dan tidak menggoda
Kadang susah sekali untuk mendapatkan produktivitas tinggi karena meskipun koneksi internet dimatikan pun. Entah karena ada game atau sekedar hiburan lain disamping media sosial yang ada di gadget. Ada juga biasanya misscall, atau sms yang datang. Tak kalah pentingnya bahkan mungkin disamping media sosial. Diam-diam, rasa keingin-tahu-an kita tinggi dan tergerak untuk mengecek gadget jika ada komunikasi yang masuk.

Kunci untuk mengatasi itu adalah membuat gadget kita terlihat jadul dan sangat tidak modern. Salah satunya adalah dengan cara mengubah layar gadget menjadi tidak berwarna atau monochrome. Berikut caranya (untuk iOS dan Android).

Menurut Kabir, ini bisa mengubah mental dan cara pandang kita terhadap gadget itu sendiri. terlihat tidak menarik dan sangat usang menurutnya. Hingga pada akhirnya kita tidak menghiraukan layar itu dan fokus terhadap apa yang sedang kita kerjakan dengan konsentrasi penuh.

3. Atur pengiriman dan penerimaan e-mail
Dalam dunia profesional atau universitas, komunikasi antar email merupakan komunikasi yang menjangkau hal-hal penting. Bisa jadi bentuk approval atau revisi dari atasan, apalagi untuk kamu yang sudah menjadi atasan. Banyak sekali gangguan yang diciptakan melalui komunikasi antar email ini. Oleh karena itu, mengatur pengiriman dan penerimaan email bisa jadi kunci untuk mendapatkan produktivitas tinggi.

Disemua platform email yang konvensional, hampir semua mempunyai menu atau opsi untuk mengatur email. Bisa kamu atur untuk kapan mengirim dan membuat auto-reply jika ada hal yang sedang urgent.

Ketiga cara ini bisa membuat kamu fokus dan mengerjakan multi-jobs dengan sempurna. Kamu bisa menjadi penulis sekaligus memproduksi musik yang kamu gemari. Atau kamu bisa menjadi penyanyi sekaligus menjadi event-organizer dalam periode waktu yang sama.


Sumber: hbr.org