Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata kita adalah negara dengan komposisi anak muda terbahagia di dunia


Meskipun kondisi Indonesia dari segi politik nya tidak karuan, meskipun Indonesia terkenal GDP nya rendah, perlu kita bangga bahwa kita adalah negara dengan komposisi anak muda terbahagia di dunia. 90% dari semua anak muda di Indonesia telah mengatakan bahwa mereka berbahagia. Hmmmm kenapa ya?

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Varkey Foundation, yang berjudul Generation Z: Global Citizenship Survey- What the World’s Young People Think and Feel, menunjukan bahwa orang yang tinggal di negara berkembang lebih berbahagia daripada mereka yang tinggal di negara maju.

Penelitian ini menanyakan kepada 20 ribu orang, umur 15-21 di 20 negara berbeda. Hasilnya kebanyakan mereka bahagia tinggal di negara berkembang. Indonesia berada ditingkat pertama (90%) dinobatkan sebagai terbahagia, diikuti oleh Nigeria (78%) dan India (72%).

Sebaliknya, negara maju malah terkesan tidak sebahagia kita. Prancis (78%), UK (57%) Australia (56%) bahkan Jepang hanya 28%. Penelitian itu juga menjelaskan bahwa generasi Z itu semakin tua semakin gak bahagia. Juga, yang cewek muda tidak sebahagia si cowoknya.

Terus, apa yang sebenarnya membuat Indonesia menjadi negara terbahagia untuk generasi Z ini?

Menurut survey itu, yang paling tinggi berpengaruh untuk Indonesia adalah kepercayaan pada agama sebesar 93%. Mereka merasa agama banyak berkontribusi untuk bisa mendapatkan kebahagian. Bahkan, ternyata punya uang tidak terlalu mempengaruhi bahkan kedua terbawah setelah agama.

Selain itu, Varkey Foundation menuturkan bahwa Indonesia mempunyai proporsi anak muda yang punya tingkat kesejahteraan (40%) yang tidak terlalu memikirkan masalah terlalu sering, tidak sering merasa khawatir, teraniaya, atau mengalami kesepian yang akut.


Lihat detailnya disini.

Jadi, kita sudah berada paling atas mendahului negara-negara maju sekalipun. Bahagia itu adalah sesuatu yang penting untuk menjalani hidup. Banyak yang meronta-ronta menginginkan itu, sementara kita bisa melakukan suatu hal kecil untuk bahagia tanpa memandang kekurangan khususnya dari segi ekonomi.

Jadi Bangga kan sebagai warga negara yang paling bahagia