Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Alibaba sebagai ecommerce terbesar di dunia

Ilustrasi Alibaba

Dengan nilai IPO --initial public offering-- tertinggi dalam sejarah, pimpinan sekaligus penggagas Alibaba, Jack Ma menjadi pria terkaya di Tiongkok pada tahun 2014.

Pada Oktober 2014, Jack Ma memiliki kekayaan sekitar USD25 miliar, yang mencakup 7,8 persen saham di Alibaba dan hampir 50 persen saham di layanan pemrosesan pembayaran Alipay.

Namun, kesuksesan Jack Ma tidak lahir begitu saja. Jack Ma merupakan seorang anak lelaki yang berasal dari keluarga musisi dan pencerita di Hangzhou. Menjadi saksi hidup di masa pahit Revolusi Kebudayaan, Jack Ma kerap menemui kesulitan karena semasa sekolah, akademis Jack Ma tak cemerlang laiknya teman-teman seangkatannya.

Saat memasuki bangku kuliah, Jack Ma harus berkali-kali menempuh jalur tes karena kegagalannya masuk universitas ternama. Pada 1998, Ma akhirnya berhasil menyelesaikan kuliah setara program Diploma (D-3) di Hangzhou Normal University, jurusan Sastra Inggris.

Selepas kuliah, Jack melamar pekerjaan di KFC, yang saat itu baru membuka cabang di Hangzhou. Namun, dari 24 pelamar, hanya Ma yang gagal uji seleksi. Pun ketika Jack Ma ingin menjadi polisi, dia pun kembali gagal karena keterbatasan akademis.

Kegagalan demi kegagalan yang dialami Jack, membuat dirinya memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan mengajar membuka kursus bahasa Inggris di Hangzhou. Cara mengajar Jack yang menyenangkan, membuat para murid mudah menyerap ilmu.

Tak hanya sebagai pengajar, Jack yang semasa kuliah juga mendalami kemampuan berbahasa Inggris, bekerja sebagai pemandu gratis bagi turis.

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, membawa Jack mendapat kesempatan berkunjung ke Amerika Serikat pada 1995. Saat itu, Jack diminta menjelajahi dunia lewat internet yang baru muncul.

Tawaran tersebut ditolak karena Jack menilai bahwa komputer merupakan barang mahal dan dia tak memahaminya. Hingga akhirnya ia melihat produk bir dari sejumlah negara, namun tak satu pun berasal Tiongkok. Dari situ Jack terinspirasi membuatkan situs berisi informasi produk-produk buatan Tiongkok.

Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, Jack kembali ke Tiongkok dan bekerja di Kementerian Luar Negeri dengan menawarkan jasa pemasaran produk Tiongkok lewat internet. Namun karena Jack bukan tipikal pegawai negeri dengan birokrasi berbelit-belit, ia pun mundur dari pemerintahan.

Pada 1999, Jack bersama rekannya merintis situs bernama Alibaba. Situs yang mempertemukan pembeli dan penjual produk di seluruh dunia ini, terinspirasi dari situs Amazon. Jack juga mempelajari dari situs lelang e-Bay, dengan mendirikan Taobao. Kehadiran Google juga menginspirasinya menciptakan mesin pencari berbahasa Mandarin.

Tak mudah pada awalnya, Alibaba sempat tak menghasilkan uang pada tiga tahun pertama. Namun, Jack menganggap bahwa ini hanyalah masalah waktu dan optimis akan menghasilkan sesuatu yang besar.

Saat perusahaan-perusahaan internet mengalami kesulitan di tahun 2002, Alibaba justru bertahan. Sebagai pilar kekuatan Alibaba, Jack meyakinkan para mitra kerja untuk terus yakin dan harus tetap bekerja keras.

Bersama rekannya, Jack yang terus mengembangkan Alibaba menciptakan sistem pembayaran lewat situs Alipay. Dengan metode berbayar dan penyebaran Alibaba yang semakin gencar berkat dukungan Jerry Yang, salah satu pendiri Yahoo!, Goldman Sach, dan Softbank --perusahaan Jepang-- yang menaruh kepercayaan, membuat nama Alibaba semakin melesat.

Untuk menunjang operasional perusahaan sehingga bisa terus bergulir cemerlang sudah tentu pondasi infrastruktur harus diperhatikan, salah saatunya adalah pemilihan server, yang merupakan infrastruktur vital dalam bidang TI.

Untuk kebutuhan server yang bisa diandalkan untuk usaha, Anda bisa mempercayakannya pada Lenovo System x3650 M5. Server ini dibekali dengan dual power supply unit (Dual-PSU) yang aktif untuk saling mendukung, sehingga dapat meminimalisasi risiko server mati. Fitur ini sangat penting untuk dapat memastikan bisnis Anda berjalan lancar dan situs terhindar dari downtime.

Selain itu, Lenovo System x3650 M5 juga berstandar 80+ titanium yang merupakan tingkat efisiensi tertinggi (hingga 96%) pada sebuah power supply sehingga akan membantu Anda dalam menghemat penggunaan listrik.