Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu tetap bisa kuliah tanpa harus kuliah


Kuliah itu susah tapi prestisius. Seiring berkembangnya zaman, kamu sudah bisa berkuliah tanpa harus kuliah yang formal dan memerlukan banyak biaya. Kamu tetap bisa kuliah tanpa harus kuliah dengan informasi dibawah ini.

Semenjak perekonomian China yang mendominasi ekonomi global, beberapa komoditas bisa terjangkau. Salah satunya adalah teknologi. Produsen-produsen teknologi China telah merilis berbagai pilihan teknologi yang murah namun berkualitas. Bisa kita sebutkan, Xiaomi, Huawei, Oppo dan semacamnya. Ini pula yang menggerakan masyarakat untuk berpindah kebiasaan menjadi technology-based living. Internet semakin meningkat penggunanya, dan itu menjadi sebuah peluang untuk meningkatkan taraf hidup untuk kebanyakan orang termasuk di Indonesia.

Artikel ini dibuat untuk membantu orang-orang yang tidak mampu untuk melanjutkan kuliah tapi tetap bisa mempelajari kemampuan teori dan praktikal tanpa harus berkuliah dan membayar sedikitpun.

Ada 7 situs yang bisa meningkatkan kualitas dan keahlian kamu untuk menghadapi persaingan global tanpa harus berkuliah. Cukup dengan membeli teknologi murah dari China terus belajar satu-satu deh.

1. TED Talks
Situs ini berisi kumpulan-kumpulan pembicara yang membicarakan beberapa topik yang sedang hangat atau yang memang dibutuhkan orang banyak. Banyak kategori yang bisa kamu pilih untuk mendengarkan topik tersebut, dan sama halnya kamu mendengarkan dosen berbicara dalam menonton ini. Akan ada sesuatu yang bisa kamu ambil dan pelajari. Terus, akan lebih baik kalo kamu menyiapkan catatan kecil dan sebungkus sukro dalam menonton ini.

2. Duolingo
Bagi kamu yang ingin sekali mengerti bahasa asing disamping bahasa ibu, situs dan aplikasi duolingo menjadi yang tepat untuk memulai tanpa harus mengeluarkan biaya. Duolingo berisi materi-materi bahasa asing seperti Jerman, Perancis, Italia, dan beberapa negara lainnya. Aplikasi dan situs nya sangat interaktif sekali. Diisi dengan ilustrasi dan juga prononciation yang jelas. Menarik bukan?

3. Codeacademy
Kalo sebelumya tentang bahasa asing, sekarang bahasa yang lebih asing lagi. Mitosnya, hanya sebagian yang ditakdirkan untuk bisa bahasa ini. Codeacademy adalah situs untuk orang yang mau belajar coding seperti CSS, HTML, dan sebagainya. Masih belum ngerti CSS dan HTML itu apa? Oke, situs ini adalah tempat untuk belajar membuat Website sendiri, mendesign sendiri sesuai dengan kemampuan kita, bahkan membuat aplikasi sendiri. Karena sekarang sudah zaman millenium, kebutuhan akan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan ini semakin meningkat.

4. Investopedia
Sekarang, siapa sih yang tidak ingin menjadi businessman yang memakai jas rapih, ajudan pribadi, dan kantong tebal? Pasti pikirannya sudah ciut duluan, karena bagaimana bisa menjadi seperti itu kalo pendidikan kita hanya lulus SMP atau SMA atau bahkan SD. Tenang, asalkan keingintahuan kita lebih besar daripada ketakutannya, kita bisa kok. Mulai dari sekarang untuk mengetahui istilah-istilah dalam bisnis yang sekala besar dengan belajar dari situs ini. Situs ini membahas tentang bisnis dan keuangan yang sangat asyik untuk mempelajarinya.

5. Khan academy
Pengen lebih rasa kuliah lagi tapi tak mau kuliah? Situs ini jawabannya. Situs ini sudah seperti kuliah sekali, karena kita bisa milih mata pelajaran apa yang ingin kita kuasai. Bahkan bukan cuman pelajaran kuliah, tapi ada dari SD sampai kepada yang ingin ujian TOEFL, GMAT, SAT.

6. HowStuffWorks
Bosen dan suntuk dengan teori? Jangan ambil pusing kepada kamu yang jiwa nya teknikal. Di situs ini, bener-bener dikasih tau praktikal nya seperti apa. Kamu bisa mempelajari sesuatu sampai dari bagaimana itu bisa bekerja.  Teknologi, kesehatan, bahkan otomotif sekalipun ada. Jadi yang belum tahu kenapa mesin itu harus diganti oli padahal oli baru sama oli lama itu sama aja warna dan cairannya bisa mulai cari tahu dari sini. Okeh?

7. MIT Open Courseware

Ini bukan cuman untuk yang gak kuliah aja, tapi yang udah kuliah juga pasti membutuhkan ini. Pengen kan rasanya mengetahui gimana kuliah di universitas terbaik didunia, materinya segimana, atmosfirnya seperti apa, terus bergumam “gini toh rasanya”. Situs ini dibuat oleh MIT (Massasuchet Institut of Technology) di Amerika yang diperuntukan untuk (calon) mahasiswa manapun. Mekanisme nya mirip banget sama ketika kamu milih untuk kuliah. Jadi bisa milih mau jurusan apa, dan tingal cap cus deh belajar sambil nyukro. Gratis tapi lulusan MIT, kan sabi banget ya.

8. Mind Tools
Terakhir adalah situs ini. Situs ini umumnya bukan hanya untuk yang ingin kuliah tapi minim dana saja, tapi untuk karyawan yang baru dan ingin belajar lebih dalam dunia keprofesionalan. Ada tentang kepemimpinan, decision-making, manajemen stres, tapi jangan harap ada cara pedekate ada di situs ini. Tidak profesional.


Sebenarnya, situs-situs itu adalah situs yang menjurus. Saat ini, dunia serba canggih dan bisa dibuka hanya dengan sentuhan dan klik-an. Google dan Youtube sudah menjadi platform yang sangat powerful untuk meningkatkan skil dan kemampuan untuk menjalani hidup ini. Selamat bereksplorasi.

8 situs itu hanya akan menjadi situs biasa yang cuman kamu buka sekali atau dua kali aja. Karena itu, semua akan kembali lagi kepada kita. Bagaimana kita mendisiplinkan diri, menjaga kekonsistenan kita, juga tetap meninggikan rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar tanpa harus mengeluarkan rupiah sedikitpun. Ngeluarin sih, buat beli hape dan kuotanya, tapi kan masih bisa dijangkau. Bukan cuman bigo-an aja kuota diabisin, mulai untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.