Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapakah Jumlah Visual yang Terbingkai dalam Foto?

Kalian pernah ngerasa bete melihat galeri handphone penuh dengan foto? Apalagi kalau udah ada notif ruang penyimpanan penuh. pasti kesel banget kan.

coba sekarang kalian lihat, udah ada berapa ratus foto di galeri handpone kalian dan hardisk pc? ratusan atau ribuan hayo? Apa ga pusing ngeliatnya foto yang bertebaran itu?

Lalu, pernah terpikir kah berapa banyak foto yang ada di dunia pertahunnya?

Perkiraan ada 7.5 milyar orang di dunia pada 2017
5 milyar dari mereka punya hape. Anggap saja berkisar 80% dari mereka punya hape berkamera. Itu berarti 4 milyar atau 4.000.000.000 orang yang berkontribusi sebagi "Fotografer".

Oke, ada orang yang jarang banget pakai hape buat foto-foto tapi banyak juga orang yang suka ambil foto di setiap momen. Nah, kita pukul rata aja 1 orang sehari menyimpan masa lalu sekitar 10 foto dalam sehari.

Ini berarti, ada 3.650 foto per tahun dan 14 biliun lebih foto dalam setahun.

Di atas, kita udah bahas kalau sekarang ini banyak banget orang suka Poto. Di bawah ini ada ilustrasinya jadi lebih jelas deh.
2015 kamera digital: 18.1% hape: 76.4% tablet: 5.5%
2016 kamera digital: 13.4% hape: 81.3% tablet: 5.3%
2017 kamera digital: 10.3% hape: 85.0% tablet: 4.7%

kemudahan menyimpan visual dalam foto dengan hape, menjadi masalah tersendiri bila sudah terlampau banyak dan memerlukan waktu khusus untuk memilah foto-foto itu.

Berikut beberapa Tips memilah Foto:
1. Berpikir
Ya berpikirlah sebelum memotret, apakah momen ini sangat berharga? Apakah sudah tepat komposisinya? Apakah angle sudah pas? Pencahayaan sudah kah tepat?

2. Seleksi
Segera seleksi foto yang layak kamu cetak dan bagikan ke teman-teman.

3. Rapih
Buatlah folder berurutkan bulan. Di dalam folder tersebut bisa dipisah berdasarkan tanggal atau momen acara. Buat folder ini hanya di dalam pc dan buat backup di eksternal

4. Hapus
Ya segera hapus segala macam foto yang ada di perangkat memotret kamu. Tentunya, setelah membackup pada poin 3.