Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 sumber penghasilan Blogger

Ilustrasi Penghasilan Blogger

Sebuah kekeliruan besar yang blogger lakukan tentang monetisasi blog adalah mereka melakukannya hanya dengan satu cara. Kenyataannya ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

1. Pendapatan dari iklan
Banyak blogger memulai dengan cara ini. Memperoleh pemasukan  blog dengan cara ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Ketika traffic mulai naik, Anda akan bertemu dengan pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat pembaca Anda.

Meski Anda perlu traffic yang baik sebelum menempatkan sebuah iklan, ada iklan jaringan seperti Google AdSense yang memungkinkan penerbit skala kecil untuk menjalankan iklan di blog mereka.

2. Pendapatan dari afiliasi
Promosi afiliasi jadi jenis pemasukan paling umum yang dimiliki blogger.

Pemasukan afiliasi  berarti Anda membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di Dewaweb, dan bila seseorang mengikuti tautan Anda dan membeli produk tersebut, Anda akan memperoleh komisi dari penjualan.

Ini jadi cara tepat untuk memulai monetisasi blog karena program afiliasi mudah proses sign up-nya. Selain itu, bila Anda memiliki pembaca yang setia, mereka akan mengikuti rekomendasi yang Anda buat terhadap sebuah produk.

3. Mengadakan event
Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event.

Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event. Ikuti panduan kami untuk mengadakan sebuah event.

4. Recurring Income
Kategori lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income atau bisa juga disebut continuity program atau membership program. Ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapat akses ke konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan, atau gabungan dari semuanya.

5. Jasa atau layanan
Satu cara yang umum bagi banyak blogger untuk mendapatkan uang adalah melalui penawaran jasa ke pembaca mereka. Ini bisa banyak bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, design, atau layanan freelance lainnya.

6. Produk
Sebagian blogger mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk macam ini membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tapi cukup menguntungkan.

Produk bisa banyak bentuknya, tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan, dan sebagainya.

Produk jenis lain yang dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sangat wajar bila blogger/Anda  memiliki bisnis atau produk untuk dijual

7. Aliran pendapatan lain
Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain.

Kebanyakan blogger full time menghasilkan uang dengan  lebih dari satu saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan mempercepat perjalanan Anda untuk jadi blogger full time.

Jadi, bagaimana? Sudah lebih memiliki gambaran mengenai monetisasi blog?  Atau Anda justru menemukan ide lain yang lebih jitu dan lebih cocok untuk situs web yang Anda kelola? Well, apa pun itu, semoga ulasan yang kami suguhkan bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumur: dewaweb.com