Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 hobi yang bikin sukses dan bikin pinter


Tak bisa dipungkiri, kesuksesan besar berawal dari kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Bahkan ada yang bilang kerja paling enak adalah hobi yang dibayar. Menekuni hobi belum tentu menjadi pekerjaan yang menghasilkan buat kamu, tapi tentu menjadi awal dari pelajaran hidup untuk menggapai apa yang diinginkan.

Ada banyak hobi yang kita senangi tapi belum menjadi sesuatu yang merubah hidup kita ke arah lebih baik. Sebaliknya, ada hobi yang bisa membuat kita menjadi orang hebat dan menemukan hidup yang sebenarnya berkat hobi kita.

Science sudah membuktikan bahwa lima hobi ini yang bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik secara jasmani dan rohani.

Baiklah, mari kitu mulai.

1. Berolahraga rutin
Dalam segi kesehatan, berolahraga membuat tubuh kita menjadi sehat tentunya. Secara rohani, olahraga rutin membuat kita lebih pintar loh. Berolahraga membuat kita mempunyai ingatan yang kuat dan kemampuan dalam membedakan objek yang mirip tapi beda dengan baik. Bukan hanya itu, berolahraga rutin juga menambah mood baik kita, ini dikarenakan ada substansi kimia yang tercipta ketika kita berolahraga yang menyebabkan individu mempunyai perasaan bahagia dan damai. Terlebih, berolahraga juga dapat membuat kita mempunyai imun yang kuat sehingga terhindar dari penyakit apapun. (sumber dari sini)

Berolahraga rutin tak perlu langsung ke yang berat-berat, seperti Gymnastik, Sepakbola, nyuci segudang, barbel melayang dan sebagainya. Olahraga rutin bisa dimulai dari bagaimana kita menyesuaikan nafas dan emosi kita dalam Yoga. Mulai dari yang gampang-gampang tapi diseriusin, daripada yang berat-berat tapi dikhianatin. Sakit..

2. Bermain Musik
Kegiatan ini telah terbukti secara scientific dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Malahan, ini akan meningkatkan prestasi akademik karena disaat kita bermain musik, banyak syaraf-syaraf yang terhubung dan berfungsi ketika menciptakan suatu irama. Bahkan bagi anak kecil yang bermain musik mengindikasikan mempunyai kemampuan verbal yang baik.

Kalo gak bisa main musik?

Semua orang bisa belajar untuk bermain musik. Tak terkecuali semua alatnya. Maka dari itu, jika kamu mencoba untuk memulai belajar dan mengkonsistenkannya, kamu akan terbiasa untuk mendengarkan irama-irama yang pas dan bisa menciptakannya sendiri.

3. Maen Games
Kegiatan ini sangat kontroversial bila dikaitkan dengan tingkat kepintaran. Kenapa? Karena banyak orang mengira bermain game adalah suatu kegiatan yang hanya menyebabkan kita tidak produktif tapi sangat adiktif. Penelitian membuktikan, bermain game 30 menit sehari secara berturut-turut membuat otak kamu bekerja lebih cepat, motor-motor saraf lebih responsif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat.

Tak dapat dipungkiri, banyak orang berfikir bahwa bermain game malah merusak penglihatan. Justru penelitian membuktikan sebaliknya. Di satu studi tentang kebiasaan bermain game selama 10 hari berturut-turut, seorang gamer bisa membedakan beberapa warna yang terlihat identikal.

Mulailah mengisi gadget kamu dengan permainan yang menantang, teka-teki yang santai, tebak-tebakan yang bisa melatih logika, dan game ringan yang lainnya. Asal jangan menghabiskan 24 jam kamu bermain overwatch, PES 2017 atau DOTA. Game itu seakan menutup semua manfaat yang ada dari game tersebut.

4. Belajar bahasa Asing
Di satu sisi yang keren, menguasai bahasa asing membuat tingkah kita semakin leluasa. Mau ngegosip, ngatain orang, atau curhat aib pun seakan tidak ada yang membatasi. Karena tidak semua mengerti bahasa yang kita katakan. Selain hal-hal itu, belajar bahasa asing adalah satu aktifitas yang bisa membuat kamu lebih pinter.

Belajar bahasa asing membuat otak kamu harus meluangkan space untuk mencerna kosa kata baru, membuat otak kita tidak gampang menua. Banyak bahasa yang kita pelajari membuat otak kita dapat melakukan beberapa hal dengan bersamaan. Sehingga, meningkatkan kemampuan kita dalam mengolah informasi dengan cepat.

Bukan hanya itu saja, tapi masih banyak lagi keuntungan kita bisa mempelajari bahasa asing, untuk kecerdasan jasmani dan rohani kita. Keuntungan rohani dan jasmani dijelaskan secara rinci di sini

Bagaimana memulainya? Teknologi sudah semakin maju, akses internet bisa dimana saja dengan harga yang terjangkau untuk semua golongan. Banyak sekali platform media yang menyediakan pembelajaran gratis untuk belajar bahasa asing, salah satunya adalah ini.

5. Membaca
Tak hanya menambah wawasan untuk kebutuhan rohani dan jasmani, membaca adalah salah satu dari sekian aktifitas yang bisa membuat kamu lebih pinter. Banyak sekali hal baru yang bisa kamu dapatkan dari sekedar membaca. Entah itu buku, novel, majalah, blog, cerpen, atau status teman di sosial media tertentu.

Membaca membuat otak kamu tetap konek dan terfokus. Hal baik dari ini adalah kita bisa terjaga dari resiko penyakit Alzheimer dan Dementia. Otak kita akan terlatih untuk terus aktif dan bekerja dengan baik dengan membaca, apalagi tentang hal yang belum kita ketahui.

Selain itu, jika kamu benar-benar menghayati cerita atau inti bacaan dari yang sedang dibaca, kamu secara tidak sadar melepaskan hormon yang bisa menyebabkan stres yang akut.

Banyak sekali hal yang bisa membuat kamu lebih menggunakan otak dengan seharusnya. Selain itu masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan dari sekedar mulai untuk membiasakan membaca.

Tentu, semua orang bisa mempunyai hobi yang berbeda, dari yang mainstream sampai yang unik banget. 5 hobi diatas adalah beberapa contoh nyata bahwa sebuah kegiatan yang berulang-ulang bisa meningkatkan kemampuan otak sehingga membuat individu semakin pintar dan cerdas. Ini adalah tanda bahwa dari sekedar hobi bisa #JadiHebat .

Coba tuliskan hobi kamu di kolom komentar ya, siapa tahu unik dan mempunyai kesamaan sama pembaca lainnya, kami doakan berjodoh J